Kamis, 21 November 2013

Mencari Potensi Melalui Program MT

Banyak program dan cara untuk menggali potensi pada diri sendiri maupun orang lain agar bisa menjadi seorang leader berkualitas khususnya dalam bidang pekerjaan. Salah satunya adalah melalui program Management Trainee atau biasa disebut MT.

Beruntung jika ada seorang pegawai dalam sebuah perusahaan yang mendapat kesempatan untuk mengikuti program MT, karena selain mendapatkan kesempatan untuk lebih mengembangkan potensi diri, seorang pegawai juga mendapat kesempatan untuk menjadi seorang pegawai khusus melalui jalur khusus demi mendapati karier yang lebih tinggi.

Menurut para trainer yang memberi pelatihan untuk program MT, mereka mencoba membukakan potensi terpendam yang ada pada calon leader dengan melatih dan memberi pengetahuan tentang kondisi perusahaan, agar mereka mampu membawa perubahan kearah yang lebih baik.

Setiap perusahaan memiliki kebijakan sendiri dalam memilih pegawai yang akan dididik melalui program MT. Ada yang mengutamakan pegawai lama yang memang memiliki potensi, namun tidak sedikit perusahaan yang lebih memilih membuka kesempatan bagi pegawai baru atau menerima lowongan bagi lulusan baru (fresh graduate) yang memiliki indek prestasi yang baik. Karena yang dibutuhkan untuk setiap perusahaan adalah baik secara knowledge, skill, komunikasi dan potensi lainnya.

Program MT merupakan proses rekruitmen dan pencarian sumber daya manusia dengan kualitas tertentu dalam bidang yang tertentu pula, yang kemudian dilatih supaya bisa menduduki posisi 'kunci' dalam sebuah perusahaan.

Nah, buat pegawai yang belum beruntung mendapatkan program ini dari perusahaan tempat anda bekerja sekarang, apalagi anda sudah merasa menjadi seorang senior tetapi tidak memiliki jabatan apapun, sedangkan perusahaan anda lebih mengutamakan lulusan baru untuk mengikuti program tersebut, sebaiknya anda segera menentukan pilihan, apakah tetap bertahan dan bekerja pada perusahaan tersebut atau memilih keluar dan lebih mengembangkan potensi yang anda miliki di luar.

Tetapi mau jadi apapun diri anda, itu semua kembali pada diri anda sendiri. Tetap semangat!

Sabtu, 02 November 2013

Guyon: Demo Buruh 2013

Tuntutan buruh kepada pemerintah menyoal kenaikan UMP akhirnya berujung pada demo besar-besaran dan bahkan lebih bersifat mengancam dengan mengajak sesama buruh untuk bersatu mogok kerja secara massal.

Ada yang membuatku geli ketika mendengar obrolan buruh disela-sela riuhnya demo tersebut.

Buruh 1: "Tenang wae Mas, tuntutan bisa dipenuhi kok, malah jare wis deal loh!", katanya dengan bahasa campuran dan logat jawa yang kental.

Buruh 2: "Wah, tenan po? terus gimana hasilnya?"

Buruh 1: "Upah ditetapkan berdasar tingkat pendidikan, pengalaman dan prestasi."

Buruh 2: "Wuaduh.. kalo saya kan cuma lulusan SMP, kira-kira gajinya berapa ya?" tanyanya dengan mimik yang sedih.

Buruh 1: "Emm.. Tenang wae Mase.. untuk lulusan SMP jare naik 20% loh.."

Buruh 2: "Benarkah! Asyeeekkk.. Nah, kalo gitu baru adil. Hidup buruh!" teriaknya dengan sangat gembira.

Buruh 1: "Tapi, jangan terlalu girang dulu Mas, masalahnya upahnya itu bukan dari nilai Rupiah, tapi Yen"

Buruh 2: "Loh, kok gitu Mas? terus nilainya jadi berapa ya?"

Buruh 1: "Iya.. Jadiiii.., Yen boss purun maringi"

Buruh 2: "!@#$%^&*().."


Video demo buruh di sepanjang Jl Raya Bekasi Km. 21-22, dari Cakung menuju Pulogadung, Jakarta Timur.


Senin, 21 Oktober 2013

Jangan Anggap Sepele Rayuan

Emm.... Admin bermaksud menulis tentang berbagai manfaat dari rayuan, tetapi lagi menunggu dirayu dulu ...

****

Jenis-jenis rayuan yang sering kita temui dapat dibedakan menjadi 4 macam:
1. Rayuan dengan kata-kata
2. Rayuan dengan sikap
3. Rayuan dengan pemberian
4. Rayuan dengan sentuhan fisik

Rayuan dengan kata-kata, seperti ungkapan kata-kata manis seseorang kepada kita, bisa itu semacam janji-janji manis, pujian atau ucapan seseorang yang membuat kita merasa bangga atau bahkan terbuai ketika hal itu ditujukan pada kita.

Rayuan dengan sikap, bisa kita lihat ketika ada seseorang berusaha mencari perhatian dengan tingkah lakunya yang membuat kita senang. Contoh: Seorang wanita yang merayu pria dengan cara berdandan atau bermanja-manja.

Rayuan dengan pemberian, biasanya si perayu akan berusaha memberikan sesuatu yang bisa membuat orang yang akan dirayu itu senang. Seperti ketika seorang pria tahu jika wanita yang disukainya itu menyukai bunga kemudian si pria memberi sekuntum bunga padanya.

Rayuan dengan sentuhan fisik, bisa dilakukan dengan tangannya atau melalui kecupan, seperti memegang tangan pasangan dengan mesra dan menciumnya.

Ketika kita mendengar, melihat dan merasakan bagaimana jika kita sedang dirayu oleh orang lain tentu kita dapat menyimpulkan apa sih yang kita dapati dari rayuan itu.

to be continued..



Rabu, 02 Oktober 2013

Harga Pantas Untuk LG G2

Ketika saya merasa sering dikecewakan oleh beberapa produk yang bolak balik ditawarkan melalui media televisi, sekarang saya mulai lebih jeli dalam menanggapi dan menilai setiap produk yang akan saya gunakan.

Salah satunya adalah handphone sebagai perangkat komunikasi. Saya yakin semua setuju bahwa komunikasi itu penting dalam keseharian kita, dan menurut saya perangkat komunikasi juga jauh lebih penting.

Berkembangnya teknologi sekarang ini handphone menjadi lebih bermanfaat ketika dalam satu perangkat tersebut dapat dimasukan berbagai macam fitur sehingga perangkat komunikasi menjadi multifungsi dan kemudian orang-orang menamainya sebagai smartphone.

Demi melihat pentingnya alat tersebut sekarang ini, berbagai perusahaan alat komunikasi berlomba-lomba untuk memperbaiki, menambahkan dan melengkapi bermacam-macam fitur agar dapat melayani berbagai kebutuhan pengguna smartphone.

Nah, dari bermacam-macam merk dan produk yang ada sekarang ini, para pengguna smartphone pun semakin bebas memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhannya.

Saya teringat seorang kawan yang waktu itu bertanya pada saya, apa gadget yang saya gunakan dan apakah sudah dapat memenuhi semua kebutuhanku. Yang dimaksud semua kebutuhan dalam hal ini tentunya yang berhubungan dengan profesi dan keseharian saya. Saya bilang, hampir semua merk pernah saya coba tetapi masih belum bisa mencukupi semua kebutuhanku.

Memang, barang yang saya beli tersebut bukan barang yang harganya mahal, tetapi soal harga itu kan belum tentu menjamin kualitas produk tersebut kan? Walaupun saya setuju kalau harga nggak bohong tetapi itu kan soal kepuasan, dan tingkat kepuasan seseorang tentu beda-beda.

Saya teringat seorang teman yang waktu itu sempat memberi saran pada saya ketika saya sedang mencari produk smartphone yang baru untuk mengganti produk lama yang saya gunakan. “Kenapa nggak memilih merk LG saja?” kata teman saya. Saya berfikir, memang sih, untuk produk merk LG selama ini selalu menawarkan harga lebih murah dibanding merk lain, tetapi bagaimana dengan kualitasnya?

Unek-unek saya kemudian dapat terjawab ketika saya datang ke event LG di Plaza Senayan kemarin hari minggu. Event yang diadakan mulai tanggal 27, 28 dan 29 September 2013 itu merupakan serangkaian acara dari launching produk terbaru LG G2. Dengan melihat sendiri produk LG dari event tersebut saya merasa puas dan memiliki penilaian sendiri pada produk yang ditawarkan.

LG G2 merupakan smartphone dengan berbagai keunggulan, selain spesifikasi yang cukup memuaskan dengan kapasitas memory internal 32 GB dan RAM 2 GB, LG G2 juga lebih inofatif. Saya awalnya lebih tertarik dengan kecanggihan kamera yang telah disematkan pada smartphone tersebut, karena dengan kamera 13 MP yang disematkan pada G2 yang memiliki layar 5.2” Full HD adalah teknologi terkini, yaitu Optical Image Stabilization (OIS) yang akan membantu mengatur fokus ketika menggunakan kamera.

Tetapi yang lebih menarik menurut saya adalah LG G2 juga dapat digunakan sebagai remote control yang dapat digunakan untuk TV, AC dan perangkat lain walaupun berbeda merk. Jadi, biarpun kita memiliki perangkat lain dengan merk yang berbeda-beda dan memerlukan remote control, kita dapat mengatur G2 sesuai dengan perangkat yang kita miliki, karena sudah compatible dengan banyak merk dan jenis perangkat electronic.

Demi menjaga privacy yang bersifat private, LG G2 yang berbasis android juga dilengkapi dengan fitur Guest Mode yang sangat inovatif dan sangat berguna apabila smartphone kita digunakan oleh orang lain. Guest Mode memungkinkan kita untuk mengendalikan aplikasi mana yang ditampilkan ketika G2 digunakan orang lain dan mana yang digunakan untuk pribadi. Mode ini tentunya disediakan dengan pola kunci yang berbeda.

Demikian sekilas info yang saya dapati dari produk tersebut. Penilaian saya LG is Look Good, saya yakin kalau sudah ada yang menggunakan perangkat ini juga akan memberi penilaian yang sama.

Jadi kapan mau beli? Kalau pertanyaan itu untuk saya sendiri, kayaknya saya harus bongkar celengan deh, harganya lumayan mahal, sekitar 6 jutaan, tapi dibanding dengan perangkat lain dengan spesfikasi yang serupa, harga LG lebih murah loh... dan mungkin spesifikasi malah lebih lengkap LG G2.

Penasaran?


Selasa, 01 Oktober 2013

Orang Yang Di Sisihmu Lebih Penting

Hal yang sering kita abaikan adalah ketika ada orang lain di samping kita, tetapi kita lebih sibuk dengan hal lain yang mungkin tidak ada hubungannya dengan orang yang di samping kita. Itu sering terjadi kadang tanpa kita sadari. Yang jauh terasa dekat, tetapi yang dekat tak terlihat.

Contoh yang sekarang ini sering terlihat adalah ketika kita sedang berkumpul bersama teman atau orang lain dalam satu tempat tetapi pandangan kita sibuk dengan gadget yang ditangan.

Dan yang lebih parah lagi adalah ketika kita sedang berkumpul dengan keluarga di rumah, tetapi malah sibuk dengan hape masing-masing.

Bukankah salah satu cara menghargai dan menghormati orang di sekeliling kita adalah dengan cara memberi anggapan bahwa orang yang berada di samping kita itu adalah yang terpenting? dalam istilah jawa 'nguwongke' atau memanusiakan.

Mungkin hal itu terlihat seperti permasalahan yang sepele.

Aku pernah membaca tulisan dari hasil diskusi dengan nara sumber Pdt. Dr. Paul Gunadi yang bertema "Belajar Menghargai Orang Lain". Dalam diskusi tersebut Sang Pendeta memberikan pandangan, orang-orang yang tidak bisa menghargai orang lain itu karena dia menetapkan standar kehidupan dirinya di awan.

"... Dia selalu menaruh standar yang tidak mungkin. Nah, kalau saja dia mau belajar memfokuskan pada yang kecil, orang ini berubah, orang ini berbuat baik, orang ini bisa memikirkan ini, ya turunlah, mendaratlah, menjejakkan kaki di bumi ini. Barulah dia bisa melihat perbuatan positif yang orang lain lakukan meskipun di mata dia itu kecil".

"... Orang-orang ini memang tidak bisa begitu masuk menyelami jiwa orang, hati orang dan mencoba melihatnya dari sisi hati orang itu. ... Dalam relasi yang renggang kita tidak berkesempatan belajar menyelami hati orang lain."

Aku setuju dengan pandangan beliau, jika kita menganggap yang disamping kita juga adalah masalah kecil, maka kita tidak akan pernah bisa menghargai orang lain. Begitu nggak sih?

Padahal kita paham, apabila kita sedang memiliki masalah atau mendapati musibah yang akan membatu kita pertama kali saat itu adalah orang terdekat dengan kita.

sumber:
http://www.telaga.org/audio/menghargai_orang_lain



Sabtu, 28 September 2013

Mengulang Kembali

Teringat ketika seorang sahabat yang pernah bicara padaku, dia bilang "apa yang kita jalani ini hanyalah mengulang-ulang saja, yang berbeda mungkin hanya takarannya saja". Aku pun merenung.

Setelah aku ingat-ingat, sepertinya aku pun pernah menuliskan itu dalam sebuah puisi Arti Sebuah Nama, yang aku tulis dalam sebuah posting gambar, isinya:
Selama dunia terus berputar
Urusan dan problema akan terus ada
Tak kenal manis ataupun pahit
Rasa manis dan pahit hanyalah ungkapan
Ibarat siang dan malam
Selalu datang silih berganti
Namun semua itu tidaklah kekal
Orang istiqomah yang sanggup menjalani

Alangkah bahagianya bisa memahami
Jalan hidup masih terbentang
Ikuti arah yang telah digariskan
Hemmm, ini akan menjadi pengingat dalam setiap langkahku.. Terima kasih sahabat, engkau telah mengingatkan aku.


 #PuisiLama

Minggu, 22 September 2013

[Puisi] Yang Pernah Terlupakan

Mungkin awalnya aku yang mencarimu,
Mungkin awalnya kamu yang mencariku,
Karena tanpa sadar kita telah menunggu lama,
Karena tanpa sadar kita telah mengenal sebelumnya.

Ketika waktu menjawab, kita dalam keadaan bimbang,
Ketika waktu menjawab, kita dalam keadaan ragu,
Karena kita memandang masa yang akan datang,
Karena kita memandang masa yang telah lalu,

Kemudian langkah itu perlahan mulai menapak,
Kemudian langkah itu terus maju merangkak,
Jalan pun nyata terbuka dan terarah,
Jalan pun nyata dan yakin tak salah,

Seolah ada yang mengarahkan,
Seolah ada yang memudahkan,
Jalan pun terlihat semakin terang,
Jalan pun terlihat semakin lapang,

Walau kerikil-kerikil kecil membuat kaki terasa pegal,
Walau rambu-rambu kadang sulit dipahami,
Tapi itu tak membuat kita terjegal,
Tapi itu kita anggap hiasan cerita yang alami.

bersambung...

Rabu, 04 September 2013

Cemburu

Pernahkah kamu merasakan rasa cemburu yang teramat dahsyat?
Seperti itulah rasa cemburu Tuhan kepadamu ketika kamu berselingkuh dengan nafsumu.

Kamis, 29 Agustus 2013

Kabar di WhatsApp

Semenjak aku mulai akrab dengan si robot hijau Android, beberapa bulan ini aku juga lebih sering menggunakan aplikasi WhatsApp untuk ber-chatting ria dengan kawan-kawan. Memang sih.. sekarang ada begitu banyak aplikasi yang dapat di download dan digunakan untuk chatt melalui ponsel.

Beberapa aplikasi chatting yang sering digunakan oleh para pengguna gadget, diantaranya: BBM, FB Messenger, KakaoTalk, Line, Skype, WeChatt, WhatsApp dan masih banyak lagi yang lainnya. Dari beberapa aplikasi tersebut aku lebih sering menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan teman-teman.

Terkadang aku malah jadi kerepotan ketika ada beberapa temanku yang menghubungiku melalui sms, karena aku sering nggak ada pulsa reguler untuk sms atau telpon. Pulsa aku isi, tetapi hanya untuk paket internet bulanan. Menurutku, dengan berbagai aplikasi yang ada di Android, aku merasa cukup dapat menyelasikan masalah dalam hal berkomunikasi.

Nah, bicara soal WhatsApp, karena dari awal download sampai sekarang ini aku merasa masih menggunakan aplikasi WhatsApp gratisan selama satu tahun, tiba-tiba aku dibuat terkejut ketika ada salah satu temanku yang mengirimkan berita yang katanya Dia dapat dari forward teman ke teman.

Isi berita yang aku dapat seperti ini:
Dari 1 September 2013, whatsapp akan
dikenakan biaya untuk sms, karena sekarang hari, banyak orang palsu yang mendaftar ke whatsapp. Jadi, jika Anda tidak ingin membayar untuk whatsapp Anda, silahkan kirimkan untuk atleast 10 orang di kontak Anda sehingga whatsapp dapat mengenali account Anda dan akan percaya bahwa Anda tidak palsu. Tapi dalam kasus, jika Anda tidak mengirim pesan ini kepada 10 kontak Anda dalam 9 hari setelah menerima teks ini, whatsapp akan akan dikenakan biaya untuk pesan Anda dari Saldo Sim Card Anda. Jadi silakan Co-Operate. Terima kasih Dari-Whatsapp Tim DukunganSnd untuk Senser juga ..www.wassapp.srv.in
✅ Halo, kami adalah Andy & John, direktur MSN dan sekarang juga Whatsapp, pesan ini adalah untuk menginformasikan semua pengguna kami bahwa kita hanya memiliki 530 rekening yang tersedia untuk ponsel baru, dan bahwa server kami baru-baru ini sudah sangat padat, jadi kami meminta atas bantuan Anda untuk memecahkan masalah ini. Kita perlu pengguna aktif kami untuk meneruskan pesan ini kepada setiap orang dalam daftar kontak Anda untuk mengkonfirmasi pengguna aktif kami yang menggunakan WhatsApp, jika Anda tidak mengirim pesan ini ke semua kontak Anda ke WhatsApp, maka akun Anda akan tetap tidak aktif dengan konsekuensi dari kehilangan semua kontak Anda. Simbol pembaruan otomatis pada SmartPhone Anda, tampil dengan transmisi pesan ini. Smartphone Anda akan diperbarui dalam waktu 24 jam, akan menampilkan desain baru, warna baru untuk chatting dan ikon akan berubah dari hijau ke azul.Whatsapp akan membayar tingkat kecuali Anda adalah pengguna sering. Jika Anda memiliki setidaknya 10 kontak mengirimkan sms dan logo akan menjadi merah
untuk menunjukkan bahwa Anda adalah pengguna sering Besok mulai menerima pesan-pesan untuk Whatsapp menjadi 0,37 sen. Teruskan pesan ini ke lebih dari 9 orang dalam daftar kontak Anda dan Anda akan terlihat seumur hidup bebas biru dan bola akan menebusnya
Sebagaimana akan kita lihat!
Mengkonfirmasikan ini adalah ikon baru WhatsApp ☑ 
Mengirimkannya ke semua kontak Anda memperbarui aplikasi
Ketika aku baca sekilas, aku merasa ini begitu mengejutkan! Bahkan aku secara reflek pun langsung mengikuti perintah sesuai yang disarankan (mem-forward ke beberapa teman di contact WhatsApp). Namun, setelah aku coba forward ke beberapa temen, aku kemudian mulai berfikir "kenapa nggak aku telusuri dulu kebenaran berita ini?".

Ternyata dugaanku benar, setelah aku telusur ini hanya berita HOAX! itu jelas terlihat dari Link web yang dicantumkan di dalam pesan tersebut. Nah, loh..!! Kok alamat website nya wassapp? dari situ saja sudah kelihatan kalo penulisan alamatnya ada yang salah. Dan juga seandainya masa berlangganan habis masa gratisnya, tentunya akan ada pemberitahuan langsung dari WhatsApp tanpa melalui pesan berantai.

Setelah aku sadar, aku pun kembali mengirim pesan kepada teman-temanku di contact WhatsApp yang terlanjur aku kirim forward berita yang nggak benar itu. Sorry bro! abaikan saja berita itu, karena itu HOAX!






Selasa, 06 Agustus 2013

Liburan, Lebaran, Leburin

Liburan panjang demi memperingati lebaran memang terkadang sering terasa sebentar apabila waktu tersebut digunakan untuk mengunjungi keluarga, kerabat, sahabat, dll.

Lebaran akan terasa lebih bermakna jika dapat berkumpul, bercengkerama dan berbagi dengan sekitar kita. Pada umumnya hari itu akan dimanfaatkan bagi umat muslim untuk saling maaf dan memaafkan.

Leburin kesalahan dan dosa agar kita kembali suci selalu dilakukan pada saat lebaran, walaupun sebenarnya untuk menghapus dan mengurangi kesalahan tidak harus dilakukan pada saat lebaran saja.

Alangkah bagusnya jika ucapan "Mohon Maaf Lahir dan Bathin" itu di ucapkan setiap saat ketika kita melakukan kesalahan, sehingga dosa itu tidak perlu di rapel atau dikumpulkan hingga hari lebaran.

Liburan lebaran untuk leburin kesalahan dan dosa sudah seperti tradisi, oleh karenanya sebagai pribadi dan admin SetandanPisang.com saya pun turut mengucapkan Minal 'Aidin wal-Faizin, mohon maaf lahir dan bathin yoo...

Salam-salam-salim

Senin, 22 Juli 2013

Mendahului Waktu


Apa kamu termasuk orang yang suka merubah waktu dengan cara mempercepat jam dari waktu normal?

Biasanya, orang yang mempercepat waktu, melakukannya dengan cara menambah sekitar 5-15 menit dari waktu normal, lalu apa tujuannya?

Kebanyakan orang yang melakukan hal tersebut memiliki alasan supaya tidak telat ketika akan melakukan aktifitasnya. Termasuk saya yang juga pernah melakukan hal itu, dengan alasan yang kurang lebih sama.

Awalnya, saya mempercepat jarum jam demi untuk membangunkan tidur anak di pagi hari. Dengan menunjukan jarum jam yang lebih cepat, maka anak akan lekas bangun dan bergegas untuk mandi serta mempersiapkan segala keperluan sekolahnya. Cara itu ternyata lumayan efektif untuk membangkitkan emosional anak. Ketika saya bilang "ayo bangun, sudah siang nih!" anak yang kemudian melihat jarum jam langsung beranjak.

Tapi, itu namanya bohong ya?

Nah, di luar kebohongan atau tidak, salah atau benar, kalau menurut pakar yang juga seorang motivator, Mr Tanadi Santoso hal tersebut pernah dibahas di facebook page nya.

Menurutnya, ketika kita memandang jam tangan kita, maka yang memandang itu adalah mata, yang dibaca kedalam otak kita. Didalam otak kita, ada otak emosional dan otak rasional.

Otak emosinal kita selalu lebih cepat bereaksi dan lebih mudah mengubah pemahaman menjadi tindakan, sedangkan otak rasional kita agak lamban dalam bereaksi. Sehingga saat kita merasa hampir terlambat, karena jam telah dimajukan, langsung kita melompat dan bergerak karena terkejut itu. Setelah otak rasional kita yg lebih lamban memahami kembali, baru kita merasa “Untung sudah dipercepat jam tangannya."

Demikian kenyataan yang biasa terjadi disekitar kita, jadi bagaimana menurutmu?

Senin, 15 Juli 2013

Guyon: Puasa Malam Hari

Siang itu, seorang anak kecil, sebut saja namanya Aca, sedang bermain di depan rumah. Tiba-tiba, ada dua Tante-Tante menghampiri dan menanyakan orang tua si anak itu.

Tante : "Nak, Ibu kamu ada di rumah nggak?"

Aca : "Ada di dalam Tante.. Ibu lagi makan"

Tante : "Loh, ini kan bulan puasa, memang Ibu kamu nggak puasa ya?"

Aca : "Ibu puasanya kalo malam Tante"

Tante : "Emm, emang ada puasa malam hari ya?" tanya si Tante pada temannya dan hanya dijawab dengan mengangkat bahu.

Aca: "Ada kok.. semalam Ibu bilang sama Ayah, kalau malam ini katanya puasa dulu"

Tante: "Ouwww... puasa 'anu' toh, ya sudah Tante mau ketemu Ibu kamu dulu ya..."

Aca: "Silahkan masuk.., Kalo Tante semalam puasa nggak?"

Tante: "Hehe.. nanti kalo kamu udah gede juga tau.."

"Huhh.. dasar orang dewasa" gerutu si Aca sambil garuk-garuk kepala dan melanjutkan bermainnya.


#Punakawan #Fiksi

News: Search Engine Islami

Semakin penasaran, ketika beberapa hari yang lalu, seorang teman memberitahuku, bahwa ada mesin pencarian yang baru yang katanya lebih islami dan diluncurkan bertepatan dengan menyambut datangnya bulan ramadan 1434H, aku pun langsung mencari tahu dan mencobanya.

Adalah halalgoogling.com yang merupakan penggabungan dan pengembangan dari mesin pencari google dan bing yang bersifat islami, karena setiap pencarian yang dilakukan oleh user akan difilter dan lebih protective terhadap konten-konten tabu yang tidak layak untuk konsumsi publik maupun yang masih anak-anak.

Setalah aku mencoba melakukan berbagai pencarian aku pun mulai memberi penilaian tersendiri untuk mesin pencarian halalgoogling tersebut. Lumayan aman untuk aku pasang, di laptop dan beberapa aplikasi browsing di gadgetku.

Maklum, perangkat-perangkat untuk akses internet di rumah memang biasa dipakai bareng-bareng. Terlebih anak-anakku justru lebih sering menggunakan laptop untuk berselancar di dunia maya ketimbang aku.


Nah, yang membuatku senyum-senyum sendiri adalah ketika aku iseng dan mencoba melakukan pencarian di halalgoogling dengan keyword "setandan pisang" hasil yang ditemukan adalah "setan & pisang" dan bila di klik hasil pencarian itu akan menampilkan blog www.setandanpisang.com

Ternyata nama blog ini dianggap mengambil nama 'setan' dan 'pisang' ... hihihi


Selasa, 09 Juli 2013

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1434H Wilayah DKI Jakarta

Bagi kaum muslim yang menjalankan ibadah puasa, berikut jadwal imsakiyah pada ramadhan 1434 H / 2013 M, untuk wilayah DKI Jakarta.



Bagi yang menjalankan, kami ucapkan SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA, semoga amal ibadahnya bermanfaat.

Salam-Salam-Salim
SetandanPisang.com

Senin, 01 Juli 2013

Photo: Jakarnaval 2013, Meriahnya HUT DKI ke-486

Gubernur DKI, Jokowi dengan kostum kaisar dalam Jakarnaval 2013


Kemarin, pada hari minggu 30 Juni 2013, Pemprov DKI mengadakan acara Jakarnaval dengan tema 'Keajaiban Ondel-Ondel'. Acara tersebut merupakan salah satu dari serangkaian acara untuk memperingati hari jadi jakarta yang ke-486.













Selama bertahun-tahun tinggal di Jakarta, baru kali ini saya menyaksikan acara yang sangat meriah dan rela ikut berdesak-desakan dengan para pengunjung lainnya.

Berawal dari keinginan anak-anak, yang sebelumnya sibuk membuat jadwal untuk mengisi liburan sekolah, aku pun mencoba mengajak dan memilihkan acara untuk mengisi liburan tersebut.

Disaat waktu yang bersamaan, kebetulan hari minggu itu ada acara family gathering dari perusahaan tempatku bekerja. Nah, disaat harus memilih, antara tour ke Taman Matahari di Bogor yang diadakan oleh panitia family gathering perusahaan dan Jakarnaval di Jakarta, anak-anak akhirnya memilih menyaksikan Jakarnaval yang diadakan dari depan Balaikota Jakarta hingga bundaran Monumen Selamat Datang (bundaran Hotel Indonesia).


*Photo menggunakan kamera ponsel Andromax-i

Minggu, 30 Juni 2013

Photo: Pameran Jakarta Monorel Di Monas


Memperingati HUT DKI yang ke 486 dengan tema 'Jakarta Baru, Jakarta Kita' berbagai kalangan ikut andil dalam memeriahkan acara tersebut.

Termasuk dari BUMN yang ikut mengadakan pameran produknya pada peringatan hari jadi Jakarta yang diberi tema 'Dari BUMN Untuk Negeri, Karya Putra Bangsa' mempersembahkan Monorel INDONESIA.

BUMN mengklaim, buatan asli dalam negeri ini yang akan digunakan sebagai moda transportasi di Jakarta tak kalah canggih dengan produk monorel luar negeri.

produk bumn untuk monorail jakarta
Ilustrasi: stasiun monorail

monorail produk dalam negeri
ilustrasi: Stasiun Pemberhentian Monorail

photo dari dalam stasiun pemberhentian monorail

Bagian depan (dashboard) monorail produk bumn

Pengunjung pameran merasakan kenyamanan di dalam gerbong monorail

Penumpang turun dari gerbong monorail

Anak-anak terkesan dengan miniatur produk BUMN

Sabtu, 22 Juni 2013

Apa Nama Monorail Di Jakarta?


Berasal dari kabar salah satu teman di jejaring sosial yang memberitahukan adanya kompetisi heboh dari PT Jakarta Monorail, kalau warga Jakarta diajak untuk berlomba memberi nama secara online pada alat transportasi masal berbentuk kereta rel tunggal atau biasa disebut monorail yang akan digunakan di Jakarta itu, aku pun penasaran.

Merasa tertarik dengan ajakan itu, aku pun telusuri alamat web yang diberikan teman. Melalui www.jakartamonorail.com/kompetisi aku mencoba mencari tahu cara-cara dan ketentuan untuk mengikuti kompetisi tersebut.

Ternyata, sudah banyak para kompetitor yang memberikan idenya untuk nama monorail Jakarta. Nah, sebelum aku melanjutkan proses untuk memberikan ide nama monorail pada web tersebut, aku mencoba mencari tahu nama yang akan aku usulkan agar tidak sama dengan kompetitor lain.

Wuih, nama-nama yang diusulkan dan sudah terverifikasi ternyata keren dan unik-unik loh... hemm...

Memang tidak ada syarat khusus yang ditentukan dalam memberikan penamaan tersebut. Tapi yang diharapkan oleh Jakarta Monorail, para peserta dapat memberikan nama yang kreatif dan dapat menjadi brand yang mencirikan Jakarta.

Aku yakin para peserta yang memberikan usul untuk nama monorail di Jakarta itu bukan hanya karena adanya hadiah-hadiah keren yang dijanjikan oleh PT. JM, tapi lebih sebagai kebanggaan tersendiri jika ide nama yang diusulkan menang dan terpilih sebagai nama yang digunakan untuk alat transportasi di Ibu Kota.

Jadi, menurut kamu nama yang cocok untuk monorail di Jakarta apa? Ikutan kompetisi yuk!


Rabu, 19 Juni 2013

Juni Sebagai Bulannya Festival

Festival di Lapangan Monas
Kemeriahan setiap tahun dibulan Juni memang telah menjadi fenomena tersendiri, khususnya dalam ajang festival. Entah itu festival yang bersifat kedaerahan, nasional, maupun festival yang bertaraf internasional.

Seperti halnya kemeriahan yang ada di Jakarta demi menyambut HUT ke-486, telah digaungkan jauh-jauh hari, semenjak sebulan sebelum hari jadi Jakarta dengan diadakannya festival, seperti Pekan Raya Jakarta (PRJ), Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD) dan banyak lagi festival-festival lainnya yang mengisi kemeriahan ulang tahun Jakarta.

Festival di Jakarta ini pun menjadi pusat perhatian masyarakat Jakarta khususnya dan wilayah lain pada umumnya, bukan hanya itu bahkan juga menjadi sorotan dari negara-negara lain. Mereka pun ikut sibuk memberikan kontribusi yang luar biasa pada even yang digelar di bulan juni ini.

Sebenarnya, festival-festival yang biasa diadakan di bulan juni ini tidak hanya di Jakarta saja loh... Di daerah lain juga tak kalah meriah, walaupun tentunya festival itu dengan tema yang berbeda-beda. Entah karena kurang publikasi atau hal lain yang menjadi kendala, sehingga kemeriahan festival di daerah itu hanya bersifat lokal.

Sedang yang bertaraf Internasional seperti di Borobudur Magelang Jawa Tengah ada istilah BIF (Borobudur Internasional Festifal), di JX International Surabaya Jawa Timur ada juga Java Furniture Festival (JFF), di Bali juga ada Bali Arts Festival dan banyak festival yang bersifat Internasional yang sama-sama diadakan di bulan juni ini.

Berikut beberapa festival di Indonesia yang diadakan di bulan Juni:

- Jakarta, ada festival di PRJ Kemayoran, PPKD Monas, Festival Ondel-Ondel, Jakarta Night Festival dan rencananya masih akan ada banyak lagi festival lain untuk menyambut HUT Jakarta.
- Jawa Barat, ada Ethnic Food Festival dan festival seni budaya lainnya yang memperingati hari jadi Kota Bogor.
- Magelang - Jawa Tengah, dengan tema Visit Central Java, ada Borobudur International Festival (BIF) yang terdiri dari Pertunjukan Seni Budaya, Pertunjukan Orkestra Internasional, International Heritage Seminar, Borobudur Travel Mart & Expo dan masih banyak lagi.
- Solo - Jawa Tengah, ada Keraton Art Festival, Solo Kampung Art, Java Expo 2013 bertempat Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta, Solo Batik Carnival, dll.
- Surabaya - Jawa Timur, ada Festival Kuliner, Budaya dan banyak festival lain yang diadakan untuk memperingati hari jadi Surabaya yang jatuh di bulan Mei, tapi pelaksanaan festival bisa sampai bulan Juni.

Tapi, Indonesia ini kan sangat luas dan juga banyak kota-kota besar yang juga terkenal, lalu bagaimana dengan festival di wilayah lain di Indonesia? Dan festival-festival itu tidak harus selalu di bulan juni kan? Tapi kalau memang semua bisa diadakan di bulan juni, itu bisa menjadi luar biasa.

Beberapa festival lain yang diadakan selain di bulan Juni:

- Dieng Culture Festival (DCF) di Pegunungan Dieng Jawa Tengah.
- Banyu Nyale Festifal di Lombok.
- Bali Art Festival, Tango Bali Festival di Bali.
- Baliem Valley Festival di Irian Jaya Papua.
- Festival Danau Lut Tawar dan Festival Layang Tunang di Aceh.
- Medan Art Festival, Festival Raja-Raja Sumatera di Sumatera.
- Festival Budaya Dayak di Kalimantan
- Festival seni Budaya di Sulawesi.
- Festival Teluk Jailolo, Festival Gura Ici di Maluku.
- dan masih banyak lagi festival lainnya.

Semalam, 18 Juni 2013, saya sangat terkesan dengan uraian dan wacana dari Bapak Menteri Perdagangan, Gita Wirjaman, pada acara 'Economic Challenges' di MetroTV, yang berharap bisa ada even-even lokal dari ujung Sumatera sampai Papua yang dapat menarik perhatian dunia, agar Indonesia dapat menjadi tujuan wisata dunia yang akhirnya bisa menggerakan perekonomian bangsa.

Saya kira wacana itu bisa diwujudkan. Indonesia dengan berbagai ragam dan kekayan sumber daya yang luar biasa dapat menjadi mercusuar dunia. Tapi tentunya bila pemerintah dan rakyatnya bisa bersatu padu untuk serius membangun bangsa yang kokoh dan berbudaya.


ralat: penulisan Irian Jaya diubah menjadi Papua.


Rabu, 12 Juni 2013

Singsingkan Lengan Bajumu

Pada umumnya, yang dimaksud singsingkan lengan baju adalah menggulung lengan baju sebagai bentuk ungkapan tekad dan keberanian untuk menggalang kekuatan secara maksimal untuk menolong diri sendiri dan orang lain disekitarnya.

Ternyata, ungkapan tersebut memiliki sejarah dan nilai tinggi yang telah diajarkan oleh para pendahulu kita.

Awal sejarah tidak ada yang tahu pasti, namun hal itu bisa diperhatikan dari model berpakaian orang-orang dahulu (zaman purba) yang mengenakan pakaiannya dengan cara melilitkan kain pada satu bahu (biasanya bahau kiri saja). Pakaian tersebut merupakan cikal bakal adanya istilah singsingkan lengan baju.

pakaian jaman purba
Pakaian yang hanya dililitkan pada bahu tersebut juga dapat kita liat dari gambar-gambar dewa-dewa yunani. Selain itu, yang sekarang dapat dan sering kita lihat adalah seperti pakaian para biksu, petapa dan juga pakaian haji (ihram).

gambar: dewa zeus dengan pakaian one shoulder

pakaian one shoulder juga dikenakan para biksu

pakaian haji (ihram) juga modelnya one shoulder

Model pakaian seperti itu tentu berbeda-beda namanya, masing-masing memiliki makna dan arti yang berbeda pula tergantung siapa yang mengenakannya.

Sebagian orang menggambarkannya, ciri berpakaian seperti itu (one shoulder) sebagai bentuk kepribadian pemakainya yang terlihat sederhana, elegan, berani dan pekerja keras.

Tetapi, jaman tentunya terus berubah begitu pula dengan fashion dan cara berpakaian, dan sekarang pakaian seperti itu kita kenal dengan sebutan one shoulder dress.
one shoulder sebagai tren fashion
Dan dari model pakaian seperti itulah, istilah 'singsingkan lengan baju' kemudian dapat juga diartikan dalam mengatasi suatu masalah yang akan dikerjakan dibutuhkan keterbukaan, bukan "buka-bukaan".

Senin, 10 Juni 2013

Pelayanan Kesehatan Yang Tidak Dijamin KJS

Beberapa hari lalu, saya bersama istri dan anak datang ke Puskesmas terdekat di wilayah Jakarta Timur untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Di puskesmas tersebut ternyata lumayan banyak pasien yang sedang antri untuk berobat dengan memanfaatkan Kartu Jakarta Sehat (KJS).

Sambil menunggu antrian, saya melihat-lihat isi papan pengumuman yang ada di Puskesmas tersebut. Nah, dari situ saya baru melihat beberapa lembar pengumuman yang memang sudah lama terpampang, tepatnya surat edaran dari Dinas Kesehatan DKI tanggal 22 November 2012 No.74/SE/2012 yang ditujukan kepada Puskesmas Kecamatan / Kelurahan perihal Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) KJS.

Bagi warga DKI yang belum tahu, dalam surat edaran tersebut disebutkan, ternyata ada banyak jenis Pelayanan Kesehatan yang TIDAK DIJAMIN oleh KJS, antara lain:
  1. Penduduk Luar DKI Jakarta (tidak ber-KTP DKI Jakarta).
  2. Penduduk yang telah memiliki jaminan kesehatan, seperti JAMSOSTEK, ASKES dan Asuransi kesehatan lainnya.
  3. Pelayanan yang tidak sesuai dengan prosedur dan ketentuan.
  4. Pelayanan dan Perawatan yang berkaitan dengan Kosmetika / Estetika, seperti Tambalan Sinar, Pembuatan Gigi Palsu dan Skaling tanpa indikasi medis.
  5. Pengguguran kandungan tanpa indikasi medis.
  6. Bunuh Diri.
  7. Kecelakaan lalu lintas (ditanggung oleh Jasa Marga).
  8. Pelayanan Kesehatan yang berkaitan dengan kesuburan / Infertilitas.
  9. Pelaku tindak kejahatan.
  10. Pemulasaran Jenazah.
  11. Kacamata, Kursi Roda, Tongkat, Lensa Kontak, Alat Bantu Dengar.
  12. Surat Keterangan Sehat.
Jadi selain yang tertulis di atas, pelayan kesehatan dapat kita peroleh dari Puskesmas dengan program KJS. Untuk informasi lebih lengkap silahkan kunjungi Puskesmas terdekat, semoga bermanfaat.




Selasa, 04 Juni 2013

Sigaraning Nyowo (Belahan Jiwa) bag.2

Kelanjutan dari posting sebelumnya yang membahas tentang garwo (belahan jiwa) dalam konsep berkeluarga di Jawa.

Setelah sepasang suami istri masing-masing berikrar untuk menjalani hidup baru dan memasuki pintu gerbang kehidupan berkeluarga melalui perkawinan, maka secara batiniyah pun mereka merupakan pasangan hidup di dunia dan akhirat. Oleh karena itu campur tangan Tuhan ikut mengisi dan mendampingi setiap langkah yang dilalui.

Bukti yang dapat kita ketahui dalam sehari-hari seperti ketika ada seorang suami sedang jauh dari istrinya dan salah satu dari mereka mengalami masalah berat, maka salah satu dari pasangannya akan ikut merasakan masalah tersebut walaupun tidak secara langsung. Contoh yang sederhana, jika suami sedang mendapat musibah, biasanya sang istri merasa gelisah, walaupun saat itu sang istri tidak tahu apa yang sedang terjadi dengan suaminya.

Hal-hal seperti itu terkadang kurang kita perhatikan, padahal itu merupakan perhatian dari Tuhan pada suami istri yang berjodoh. Bukankah kita sering mendengar bahwa jodoh ada di tangan Tuhan.

Dan karena adanya campur tangan Tuhan itu yang telah memasukan sebagian jiwa pasangannya sebagai separuh jiwanya supaya dalam kehidupan keluarga dapat saling mengisi, melengkapi dan memahami sehingga menemukan kebahagiaan lahir dan batin serta dapat menemukan jalan keselamatan di dunia dan akhirat.

Senin, 03 Juni 2013

Bisnis Ikut-Ikutan, Sekedar Bertahan Hidup

Menarik dan penuh inspirasi bila kita memperhatikan tips-tips yang disampaikan oleh Mas Jaya Setiabudi salah seorang mentor pelatihan entrepreneur yang kondang dengan buku TEPOK-nya (The Power of Kepepet).

Seperti yang dituliskan di timeline facebook Jaya Yea kali ini, Mas J demikian panggilan akrabnya, membahas mengenai strategi dalam bisnis, berikut petikannya:

"STRATEGI"
"Memang awal kita bisnis untuk sekedar 'dapur ngepul', namun apakah kita akan puas sampai disitu?"
"Untuk sekedar bertahan hidup, ikuti tren bisnis"
"Untuk membuat lompatan finansial, ciptakan tren bisnis"
"Mundurlah sejenak, carilah ide di pameran-pameran, training-training. Carilah mentor yang bisa membuka 'cakra' kreatifitas Anda."

"Renungkan rumus ini:"
"RENAME - REPACKAGING - REPOSITIONING"

Demikian yang diajarkan Mas J mengenai 'strategi' dalam mengelola bisnis. Tak jarang jika kita perhatikan di lapangan dengan banyak jenis bisnis usaha yang menjamur di berbagai tempat tetapi usahanya tersebut masih sebatas ikut-ikutan (mengikuti tren bisnis), artinya hanya untuk sekedar bertahan hidup.

Memulai dan mengolah kreatifitas memang membutuhkan waktu, dalam bahasa yang sering kita dengar 'meraih sukses itu tidak instan' dan di Indonesia belum banyak yang dapat melakukan itu.

Seperti akhir-akhir ini pelaku bisnis di dunia hiburan juga melakukan tren yang sangat tidak kreatif. Para artis dengan usahanya yang ikut-ikutan membuat gosip-gosip murahan demi mendongkrak popularitas supaya ada job, kemudian bila sudah mulai redup pamornya akhirnya terjun ke dunia politik. Tapi, hal itu memang tidak bisa disalahkan, lah wong sekedar bertahan hidup.

Dan akhir-akhir ini pula, seperti kasus lain yang berdampak pada anakku yang mulai kecanduan membeli minuman es bubble, karena setiap hari bertemu dengan pedagang-pedagang es tersebut dan seolah setiap tikungan ada saja yang jualan. Hampir beberapa meter melangkah menemui itu-itu lagi.

Kayaknya usaha dagang es bubble ini memang sedang menjadi tren bisnis. Kira-kira usaha tersebut bisa bertahan berapa minggu lagi ya? Tapi sekali lagi, itu tidak bisa disalahkan, lah wong sekedar bertahan hidup.


 

Minggu, 02 Juni 2013

Sigaraning Nyowo (Belahan Jiwa)

Di Jawa, seorang suami biasanya menyebut istrinya sebagai garwo, begitu pula sebaliknya, seorang istri juga menyebut suami sebagai garwo.

Garwo adalah sebutan untuk istri atau suami yang dalam bahasa jawa merupakan kependekan dari kata sigaraning nyowo atau dalam bahasa indonesia diartikan belahan jiwa.

Sebutan garwo dijadikan sebagai ungkapan setelah seorang laki-laki dan perempuan yang sebelumnya bercerai berai kemudian dipersatukan dalam ikatan suci yang disebut pernikahan agar saling melengkapi satu sama lain.

Dalam ikatan suci, untuk saling melengkapi maka seorang suami akan dimasukan jiwa sang istri sebagai separuh jiwanya, begitu pula seorang istri dimasukan jiwa sang suami sebagai separuh jiwanya pada saat akad nikah, sehingga masing-masing saling memiliki separuh jiwa pasangannya agar dapat saling mengisi, memahami dan melengkapi satu sama lain. Di situlah letak kesakralan dalam pernikahan.

Mengapa di-masukan? Lalu siapa yang me-masukan?

Bersambung...

Jumat, 31 Mei 2013

Nadhoman

Gusti sinuwun nawuri sorban, ngideri mesjid minangka udan.
Dipun beber Nyi Mas Ayu Siti Fatimah Gandasari saking dermayu.

Duh Gusti sae temen, sorban niki kangge sinten.
Jawab Gusti sorban niki, kange umat kanjeng nabi.

Umat ingkang purun sholat, serta nurut perintah sunat.
Perintah Allah kan den pasti, ora tinggal sampe mati.

Lamon sira dadi wong mampang, ngalamat bakal kejurang.
Perintah Allah, perintah rasul, ahli nabi dipun singkur.

Ngaku bisa ning syahadat, takabur kang lewih berat.
Berate ngaku bisa, mongko Allah bakal nyiksa.

Siksane kasiya-siya, sira nyingkur ning wong mulya.
Aja sambat kaningaya, bakal teka mungsuh ira.

Sing kandel-kandel kulite, sing akas-akas balunge.
Sing tegas penjawabane, diganden mangsa wurunge.

...

Rabu, 29 Mei 2013

Selesaikan Secara Jantan

Seringkali aku menemukan kata-kata menarik setiap kali sedang berbincang dengan teman-teman. Seperti saat mengisi waktu dengan obrolan-obrolan ketika jam istirahat di kantor. "Mari kita selesaikan secara jantan!" kata salah satu temanku sambil menenteng secangkir kopi.

Bukan mengajak berantem loh..

Setelah selesai makan siang, seperti biasanya kami melanjutkan dengan obrolan sambil minum secangkir kopi dan beberapa batang cigarette yang selalu menemani. Mulai dari obrolan ringan, sedang, hingga kadang obrolan yang membuat kepalaku pusing.

Eiits, jangan salah tangkap dulu mengenai istilah 'jantan' dengan kopi dan cigarette yaa.. Sebenarnya itu gak ada hubungannya.

Ungkapan kata 'selesaikan secara jantan' itu tidak selalu diartikan dalam masalah atau urusan laki-laki yang akan berkelahi, tetapi dapat diartikan dengan banyak hal.

Kata tersebut merupakan bentuk ungkapan dan ajakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan sikap berani dalam ambil resiko, penuh tanggung jawab dan menyelesaikannya dengan cara yang terhormat.

Jadi, bila temanku yang mengajak ngobrol itu bilang 'mari kita selesaikan secara jantan' itu maksudnya kalau ngobrol jangan cuma omong kosong, dan apabila ada yang kurang paham apalagi sampai salah paham harus diluruskan, sehingga obrolan itu menjadi bermanfaat.

***

Nah, untuk kata "Jantan" juga dapat diartikan beberapa hal. Aku pernah membaca disalah satu akun twitter yang bernama @rusdirusdi melalui kultwitnya yang aku anggap itu bisa menjadi pencerahan. Untuk lebih lengkapnya, twit tersebut dapat dilihat di chirpstory.com dengan hastag #Jantan atau klik  disini





Senin, 27 Mei 2013

Mbeleh Kebone Dewe (Memotong Kerbau Sendiri)

Melanjutkan posting sebelumnya (lebih mudah melihat kesalahan ...), mengenai pencurian kebo yang kemudian dipotong lalu dibagi-bagi, supaya tidak menjadi salah tafsir.

Sebelumnya sudah aku minta pendapat, bila ada yang tahu maksud dan makna dari bahasa mbeleh kebo, tapi berhubung tidak ada komentar, maka aku coba artikan sendiri. Jika salah, mohon diluruskan.

Mbeleh kebo (memotong kerbau) dimana sebelumnya sudah dijelaskan untuk kata kebo sendiri bukan diartikan sebagai hewan, melainkan untuk mewakili kata kebo-dohan. Jadi maksudnya, memotong kebodohan atau kesalahan yang ada pada diri sendiri.

Setelah dipotong kebodohan atau kesalahannya, maka kepintaran dan kebenaran akan terungkap. Nah, setelah kita tahu dan memahaminya, kemudian kepintaran dan kebenarannya itu dibagi-bagi agar lebih bermanfaat bagi diri sendiri dan buat yang lain.

Demikian kurang lebih makna yang terkandung didalam pesan orang tuaku yang aku pahami.

Setiap kata yang diungkapkan oleh orang tua kita terkadang memiliki arti dan makna untuk tujuan yang baik dan supaya anak-anaknya tidak keliru dalam memahami biasanya orang tua menggunakan kata-kata sanepan (perumpamaan) dengan hal-hal yang ada disekitar kita.

Mengenai pesan dari orang tua tentang mencuri dan memotong kebo dimalam hari, dapat juga diartikan sebagai perintah supaya kita ber-tafakur (merenung) dimalam hari. Atau dalam ajaran islam biasa disebut qiyamul lail.

Jumat, 24 Mei 2013

Lebih Mudah Melihat Kesalahan Orang Lain

Seringkali kita tidak menyadari, bahwa lebih mudah mencari kesalahan yang dilakukan orang lain dari pada menemukan dan mengakui kesalahan diri sendiri. Seperti pepatah menyebutkan "semut di seberang lautan terlihat namun gajah di pelupuk mata tak tampak" ini memang ironis.

Hal itu sering kita temui dan kita lihat di layar televisi, ketika ada public figure diminta pendapat tentang kesalahan atau kasus orang lain. Dia akan pandai memberikan komentarnya, tetapi ketika kasus itu menjerat dirinya, maka dia akan bungkam seribu bahasa dan hanya sesekali mereka menunjukan senyum yang dipaksakan. Nah, apabila ada hal buruk yang menyangkut dirinya, maka dia akan berpatokan pada peribahasa "diam itu emas".

Untuk berani mengakui kesalahan terkadang mereka butuh pengacara yang mewakilinya, dengan tujuan agar  bisa naik banding atau minimal berargumentasi atas kesalahannya supaya tidak dianggap buruk.

***

Aku jadi teringat pesan dari orang tua: Nang, nyolongo kebo neng tengah wengi, yen wis entuk banjur dibeleh lan dibagi-bagi (Nak, curilah kerbau di tengah malam, kalau sudah dapat lalu dipotong dan dibagi-bagi). Waktu itu aku sempat memutar otak, kenapa orang tuaku menyuruhku menjadi pencuri? Kalau ketahuan bisa dipukuli warga nih.. pikirku.

Setelah aku pahami maksudnya, ternyata pesan tersebut bukan berarti aku disuruh mencuri hewan kerbo, melainkan kebo untuk mewakili kata kebodohan. Yaitu mencuri dan mencari kebodohan atau kekeliruan yang ada di dalam diri.

Kenapa harus dimalam hari? Yang aku pahami tentang waktu malam hari, itu memiliki makna dalam keadaan gelap gulita dimana ketika mata kita sulit untuk melihat. Mungkin maksudnya supaya mencari kebodohan diri walaupun susah terlihat.

Lalu kenapa setelah didapat kebo nya (kebodohan) kemudian dipotong dan dibagi-bagi? Ada yang tahu?

Maksud yang aku pahami tentang kenapa kemudian dipotong nanti akan ditulis di lembar berikutnya... tapi kalau ada yang tahu silahkan share ya...

bersambung


Kamis, 23 Mei 2013

Sering Lupa Password

Ketika itu, aku kaget ketika traffic alexa ku ternyata turun drastis, ketika berusaha ingin menyelamatkannya aku mesti masuk (login) alexa.com dulu untuk mencari tahu apa sebabnya. Ehh.. ternyata aku lupa password. Duhhh...
 
Tidak hanya sekali, tetapi sering aku melakukan reset password ketika ingin masuk ke aplikasi yang sudah lama tidak aku buka-buka.

Yang lebih parah ketika aku lupa nama email yang pernah aku daftarin, wuaduh... gimana mau reset atau ganti password kalau nama emailnya saja lupa yang mana. Aku memiliki email lebih dari 5 (lima) alamat email.

Saking banyaknya alamat email yang aku miliki, tidak semuanya selalu aku buka setiap hari, kecuali alamat email kantor yang selalu aku buka setiap hari (kecuali hari libur).

Dan setiap aplikasi yang membutuhkan verifikasi email terkadang aku masukan tidak hanya ke satu alamat email. Itulah kecerobohanku, sudah lupa password kadang masih suka lupa email yang mana untuk reset dan mengganti passwordnya.

Untuk mengatasi hal itu, sekarang aku mengubah dan membuat password yang mirip atau bisa dibilang sama, hanya saja aku kasih kode tambahan yang menunjukan nama aplikasi yang digunakan. Contoh: untuk email Yahoo, passwordnya: "PASSWORD123YAHOO" begitupun untuk semua aplikasi lainnya dimana aku harus masuk (login) dan menuliskan password yang sama dan aku tambahkan nama aplikasi yang ingin dibuka.

Apa kalian juga sering mengalami hal tersebut? mungkin solusi supaya tidak lupa password bisa meniru cara yang aku lakukan. Hemm... tapi aku sarankan supaya ada sedikit kombinasi agar password kita lebih aman.

Rabu, 22 Mei 2013

Ganti Kartu SIM Atau Ganti Hapenya?

layanan paket internet smartphone
ilustrasi call center
Wajah kusut terlihat jelas di wajah temanku, sambil terus ngedumel, membuatku tak bisa konsen untuk menyelesaikan pekerjaanku di kantor. Setelah diusut apa yang menjadi penyebabnya, akhirnya aku putuskan untuk membantunya mencari solusi dari masalahnya.

Paket Blackberry Full Service dari Telkomsel yang dia aktifkan mengalami gangguan, cuma bisa BBM saja. Aplikasi lain yang menggunakan jaringan internet harus dikoneksikan melalui WiFi agar bisa berjalan.

Sambil terus ngedumel, temanku memintaku untuk membantunya mencari tau apa sebabnya. Aku pun langsung otak-atik setiap aplikasi dan pengaturan di hapenya, hemm... ternyata bukan karena bermasalah dengan smartphone nya, tapi karena masalah dengan jaringan provider. "Jadi, aku kehilangan pulsa 90ribu dengan sia-sia!" gerutu temanku.

Setelah mengetahui sebabnya, akhirnya aku putuskan untuk menghubungi layanan operator 188 untuk menanyakan permasalahan itu. Kata petugas Call Center, untuk paket blackberry full service memang sedang terjadi masalah layanan di wilayah Jabotabek. Duh... lalu solusinya gimana dong?!

Petugas operator menyarankan supaya kartu SIMnya dipindah ke hape selain blackberry agar paket internetnya bisa tetap digunakan. Loh... kenapa harus begitu!!! mendengar penjelasan seperti itu, aku sangat kecewa sekali pada provider tersebut, tapi tidak pada Mba-mba petugas operatornya loh... dan kecewanya itu aku tunjukan demi mewakili keluhan temanku.

Setelah mendapatkan jawaban dari operator customer service yang suaranya lembut, aku pun melanjutnya jawaban itu ke temanku. Mendengar hal itu temanku semakin sewot saja. "Ntu operator sakti amat ya, bisa tahu kalau aku punya dua hape.. Hadeuhhh!!" balas temanku. "Kalau begini baiknya ganti kartu SIM apa hapenya ya?" lanjut temanku. "ya itu terserah sampeyan", jawabku.

Masalah pada jaringan atau layanan dari provider seperti kejadian ini memang seringkali dialami pelanggan pengguna smartphone. Oleh karenanya pelanggan mesti aktif menanyakan setiap permasalahan yang terjadi. Hapenya smart, orangnya juga mesti lebih smart.


Selasa, 21 Mei 2013

Memenuhi Undangan Sahabat (bag.2)

pernikahan Rudi & Nely R

Senin tgl 20 Mei 2013, tak seperti biasanya aku buka facebook dipagi hari, awalnya sekedar iseng lihat status sahabat, tapi kemudian aku terkejut ketika membuka kotak pesan dan melihat ada undangan biru.

Ada pesan masuk dari salah satu sahabat setandanpisang, Rudi (Kentunk). Dia mengundangku untuk menghadiri resepsi pernikahannya di hari itu juga. Di pesan itu tertulis acaranya hari senin, tgl 20 Mei 2013, mulai pukul 10.00 s/d 16.00 wib. "Wahh.. berarti hari ini" pikirku.

Kabar tentang rencana pernikahannya memang sudah lama aku dengar, tetapi kemudian aku jarang komunikasi lagi dengannya. Dulu memang hampir setiap malam minggu selalu bertemu dan kumpul-kumpul dengan sahabat lainnya di basecamp setandanpisang dan karena kesibukan masing-masing akhirnya beberapa bulan ini mulai jarang-jarang ketemu dan berkumpul.

"Kenapa undangannya mendadak?" tanyaku sambil menegaskan kebenaran info tersebut. Ternyata beberapa hari sebelumnya sudah ada undangan kertas yang memang ditujukan padaku dan telah dititipkan kepada salah satu sahabat setandanpisang yang lain tetapi lupa memberikannya padaku.

Demi sahabat, walaupun itu di hari dan jam kerja yang sibuk, aku tetap luangkan waktuku untuk menghadirinya. Bertempat di Gedung Aula Kolam Renang Bojana Tirta Pisangan Lama Rawamangun acara tersebut begitu tampak meriah sekali. Aku pun ikut bahagia akhirnya sahabatku itu telah menemukan pasangan hidupnya.

Di hari yang berbahagia itu tak lupa aku ajak juga keluargaku untuk turut serta menghadiri dan mendoakan pernikahan Rudi sahabatku:
  

"Selamat Menempuh Hidup Baru, semoga sampai kaken ninen dan bahagia dunia akhirat".





Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms