Kamis, 02 Juni 2011

Membaca Kitab Suci

larangan dan perintah [markalintas]
Alam semesta merupakan bentuk tulisan yang tersurat dan tersirat bagi setiap orang yang sedang mencari dan memahami rahasia ilahi, ada yang mudah dipahami namun tak sedikit yang sulit untuk dimengerti, oleh karenanya Tuhan memberikan kitab-kitab suci sebagai petunjuk bagi makhluknya.

Kitab-kitab suci yang diturunkan kepada utusan-utusan Tuhan berisi perintah dan larangan untuk dipelajari supaya dapat menemukan pencerahan dari rahasia Ilahi. Apa yang terlihat mata dan terdengar telinga, semua itu bisa dijadikan panduan untuk memahaminya. Lalu bagaimana membaca dan memahami suatu kitab suci?

Sering aku mendengar istilah menilai buku bukan hanya dari sampulnya, baca dan pahami isi di dalamnya atau kebaikan kecantikan seseorang bukan hanya dari fisiknya dan istilah lain yang menyatakan kebaikan tidak hanya dilihat dari luarnya saja. Dalam keseharian sering kutemui, ada satu hal yang membuatku mengubah pola pikirku memahami setiap ayat yang nyata.

Aku berjalan di sebuah Mall, berkeliling mencari kebutuhan sehari-hari. Setelah membeli apa yang aku perlukan, tiba-tiba saja bagian tubuhku mengeluh dan memaksaku mencari tempat untuk buang air. Aku bertanya pada penjaga sebuah kios untuk menunjukan dimana tempat buang air, aku ikuti petunjuknya dan setelah ada bacaan TOILET lalu aku masuk dan mengakhiri keluhan itu.

Hal yang membuatku mengerti bahwa apabila buang air, datangi tempatnya, baca petunjuknya, lalu masuk untuk melakukannya, setelah bertanya dan diberitahu oleh orang yang tahu jalan dan tempatnya. Tidak sekedar membaca tulisan toilet untuk bisa buang air, melainkan masuk kedalamnya dan melakukannya.

Salah satu contoh kecil inilah perumpamaan bagaimana membaca dan memahami suatu kitab suci.

6 Komentar:

Unknown mengatakan... Reply Comment

Bagaimana kalau kebelet buang air tapi cuma baca "TOILET" saja?

primitif mengatakan... Reply Comment

oRan9 y9 kUaT adaLah oRan9 y9 bZ mLaWan haWa nafZu'e sndRi

Unknown mengatakan... Reply Comment

@primitif: Orang yg tangguh sanggup mengendalikan hawa nafsunya :)

udin mengatakan... Reply Comment

jgn lupa mas,kita hny manusia loh...mngendalikan hawa nafsu lebih berat loh!!!!

Unknown mengatakan... Reply Comment

@udin: itulah tantangannya.. :)

SetandanPisang mengatakan... Reply Comment

@udin: itulah tantangannya.. :)

Posting Komentar

Bagi komentar anda, monggo...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms