Rabu, 19 Juni 2013

Juni Sebagai Bulannya Festival

Festival di Lapangan Monas
Kemeriahan setiap tahun dibulan Juni memang telah menjadi fenomena tersendiri, khususnya dalam ajang festival. Entah itu festival yang bersifat kedaerahan, nasional, maupun festival yang bertaraf internasional.

Seperti halnya kemeriahan yang ada di Jakarta demi menyambut HUT ke-486, telah digaungkan jauh-jauh hari, semenjak sebulan sebelum hari jadi Jakarta dengan diadakannya festival, seperti Pekan Raya Jakarta (PRJ), Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD) dan banyak lagi festival-festival lainnya yang mengisi kemeriahan ulang tahun Jakarta.

Festival di Jakarta ini pun menjadi pusat perhatian masyarakat Jakarta khususnya dan wilayah lain pada umumnya, bukan hanya itu bahkan juga menjadi sorotan dari negara-negara lain. Mereka pun ikut sibuk memberikan kontribusi yang luar biasa pada even yang digelar di bulan juni ini.

Sebenarnya, festival-festival yang biasa diadakan di bulan juni ini tidak hanya di Jakarta saja loh... Di daerah lain juga tak kalah meriah, walaupun tentunya festival itu dengan tema yang berbeda-beda. Entah karena kurang publikasi atau hal lain yang menjadi kendala, sehingga kemeriahan festival di daerah itu hanya bersifat lokal.

Sedang yang bertaraf Internasional seperti di Borobudur Magelang Jawa Tengah ada istilah BIF (Borobudur Internasional Festifal), di JX International Surabaya Jawa Timur ada juga Java Furniture Festival (JFF), di Bali juga ada Bali Arts Festival dan banyak festival yang bersifat Internasional yang sama-sama diadakan di bulan juni ini.

Berikut beberapa festival di Indonesia yang diadakan di bulan Juni:

- Jakarta, ada festival di PRJ Kemayoran, PPKD Monas, Festival Ondel-Ondel, Jakarta Night Festival dan rencananya masih akan ada banyak lagi festival lain untuk menyambut HUT Jakarta.
- Jawa Barat, ada Ethnic Food Festival dan festival seni budaya lainnya yang memperingati hari jadi Kota Bogor.
- Magelang - Jawa Tengah, dengan tema Visit Central Java, ada Borobudur International Festival (BIF) yang terdiri dari Pertunjukan Seni Budaya, Pertunjukan Orkestra Internasional, International Heritage Seminar, Borobudur Travel Mart & Expo dan masih banyak lagi.
- Solo - Jawa Tengah, ada Keraton Art Festival, Solo Kampung Art, Java Expo 2013 bertempat Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta, Solo Batik Carnival, dll.
- Surabaya - Jawa Timur, ada Festival Kuliner, Budaya dan banyak festival lain yang diadakan untuk memperingati hari jadi Surabaya yang jatuh di bulan Mei, tapi pelaksanaan festival bisa sampai bulan Juni.

Tapi, Indonesia ini kan sangat luas dan juga banyak kota-kota besar yang juga terkenal, lalu bagaimana dengan festival di wilayah lain di Indonesia? Dan festival-festival itu tidak harus selalu di bulan juni kan? Tapi kalau memang semua bisa diadakan di bulan juni, itu bisa menjadi luar biasa.

Beberapa festival lain yang diadakan selain di bulan Juni:

- Dieng Culture Festival (DCF) di Pegunungan Dieng Jawa Tengah.
- Banyu Nyale Festifal di Lombok.
- Bali Art Festival, Tango Bali Festival di Bali.
- Baliem Valley Festival di Irian Jaya Papua.
- Festival Danau Lut Tawar dan Festival Layang Tunang di Aceh.
- Medan Art Festival, Festival Raja-Raja Sumatera di Sumatera.
- Festival Budaya Dayak di Kalimantan
- Festival seni Budaya di Sulawesi.
- Festival Teluk Jailolo, Festival Gura Ici di Maluku.
- dan masih banyak lagi festival lainnya.

Semalam, 18 Juni 2013, saya sangat terkesan dengan uraian dan wacana dari Bapak Menteri Perdagangan, Gita Wirjaman, pada acara 'Economic Challenges' di MetroTV, yang berharap bisa ada even-even lokal dari ujung Sumatera sampai Papua yang dapat menarik perhatian dunia, agar Indonesia dapat menjadi tujuan wisata dunia yang akhirnya bisa menggerakan perekonomian bangsa.

Saya kira wacana itu bisa diwujudkan. Indonesia dengan berbagai ragam dan kekayan sumber daya yang luar biasa dapat menjadi mercusuar dunia. Tapi tentunya bila pemerintah dan rakyatnya bisa bersatu padu untuk serius membangun bangsa yang kokoh dan berbudaya.


ralat: penulisan Irian Jaya diubah menjadi Papua.


0 Komentar:

Posting Komentar

Bagi komentar anda, monggo...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms