Kamis, 16 Mei 2013

Bentuk Ornamen Pada Rumah Betawi

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) akan mewajibkan setiap bangunan yang ada di Jakarta untuk menonjolkan ornamen-ornamen yang mencirikan budaya betawi, lalu seperti apa sih ornamen betawi itu?

Jika dilihat dari rumah adat, kita mengenal ada tiga jenis rumah adat betawi, yaitu: Rumah Gudang, Rumah Bapang (Rumah Kebaya) dan Rumah Joglo. Nah, dari ketiga jenis rumah yang berbeda-beda itu sebenarnya apa yang menjadi persamaan pandangan bahwa itu merupakan rumah betawi?

Jawabannya adalah terletak pada ornamennya. Dari ketiga jenis rumah adat betawi, ada satu persamaan yang mencirikan bangunan itu sebagai rumah adat betawi, yaitu terletak pada ornamen lisplang gigi balang.

Jika diperhatikan dari bentuk lisplang gigi balang juga ada sedikit perbedaan walaupun tidak terlalu mencolok perbedaannya.

Berikut beberapa bentuk lisplang gigi balang yang terdapat pada rumah-rumah betawi:


Menurut beberapa budayawan betawi, lispang gigi balang yang terdiri dari bentuk segitiga dan bulatan itu memiliki makna kejujuran, keberanian, keuletan dan kesabaran.

Dan mungkin masih banyak lagi model dan bentuk lisplang yang mencirikan ornamen betawi, seperti: ornamen pucuk rembung, ornamen bunga cempaka, ornamen swastika (motif china) dll. Bagi yang bisa menambahkan silahkan dishare ya...


0 Komentar:

Posting Komentar

Bagi komentar anda, monggo...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms